Minggu, 19 Juni 2011

maha guru mulia

Bahwasannya peringatan HAUL IMAMAMAIN (Al Imam Al Quthub Al Habib Abd. Qadir Bin Ahmad Bil faqih & Al Imam Al Hafidzh Al Musnid Prof. DR. Al Habib Abdullah Bin Abd. Qadir Bi lfaqih), dilaksanakan pada:

Hari        :    Sabtu/12 Juni 2010 (ba’da isya’), dan Minggu/13 Juni 2010 (Jam 08.00-selesai)
Tempat:   Pondok Pesantren Darul Hadist Al Faqihiyyah (Lil Ahlussunnah Waljamaah) Malang, Jawa Timur. Untuk yang memberi Mauidzoh Hasanah, antara lain:
1.       Habib Muhammad bin Abdullah Bin Abd. Qadir Bilfaqih (Pengasuh Pesantren)
2.       Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (Rois Am Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlit Thoriqoh Al-Mu’tabaroh Annahdliyyah)
3.       KH. Ahmad Faidi dari Tegal
4.       Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur)
Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad bilfaqih
Beliau dilahirkan dikota Tarim Hanna’ Hadromaut pada hari selasa 15 safar tahun 1316 H. /5 juli 1898. Menjelang lahir ayahanda beliau yang bernama Al`Allamah Alhabib Ahmad Bin Muhammad Bin Faqih mendapat amanat kitab suci al-qur`an dari Sulthonul Auliyah Syekh Abdul Qadir Al Jailani melalui mimpi seorang kawan beliau Al Habib Syaikhon bin Hasyim As Segaf. Ini pertanda akan muncul seseorang yang besaar. semenjak kecil beliau RA adalah seseorang yang teramat rajin dan tekun dalam mencari ilmu hingga sampai usia yang tergolong anak-anak, beliau telah menghafal Al- Qur`Anul Kharim . Oleh salah seorang maha gurunya beliau telah dipercaya dalam memberi fatwa.
Ini adalah kelebihan anugerah dari Allah SWT, yang diberikan kepada hambaNya.
Almarhum Alustadzul Imam Alhabr RA, hijrah meninggalkan kota Tarim atas perintah Maha Gurunya guna menyebarkan luaskan ilmunya dan selaku penerus kakek-kakek beliau. Selanjutnya beliau menuju Seiwun ,Aden, Kota Suci Mekkah, Madinnah, Damaskus, Syiria, Lalu Menuju Mesir, Maroko, Dan Terakhir Indonesia. Kemudian pada tahun 1938 M di kota Solo Jawa Tengah beliau mendirikan madrasah Ar-Robithoh dan pada tahun 1945 M beliau mendirikan Pesantren Darul Hadits Alfaqihiyyah Di Kota Malang.
Adalah kehidupan Alutstadzul Imam Alhabr RA sepenuhnya dicurahkan untuk perjuangan agama, menyebar luaskan ilmu serta mencetak kader-kadrer islam disamping memperjuangkan Indonesia merdeka pada masa pendudukan Belanda Maupun Jepang. Jasa Alustadzul Imam Alhabr tidak dapat di untai dengan ribuan kata-kata beguitu besar dan teramat mulia apa yang telah beliau curahkan bagi agama islam dan kaum muslimin.
Beberapa keutamaan alustadzul imam alhabr RA. :
*  Beliau adalah seoarang yang menguasai ilmu syariat , thoriqoh dan haqiqoh
* Tiada waktu tanpa bersama ilmu dan ibadah
* Beliau dalah seorang guru, pendidik dan pembimbing yang teramat besar perhatian dan kasih sayangnya terhadap anak didik
* Semua perkara yang makruh beliau tidak mau melakukannya
* Mendidik semua santri untuk memiliki pendirian yang kokoh dan kuat tidak udah terpengaruh gejolak jaman dan menanamkan disiplin yang tinggi
* Akhlak dan budi pekertinya tidak diraguka lagi , baik dikalangan anak didik maupun yang mengenal pribadi beliau
 Al Habib Abdullah bin Abdul Qodir  bilfaqih
Beliau dilahirkan di kota Surabaya , tepatnya pada hari senin 12 Robiul Awal 1355 H/1 juni 1936.
Yang meneruskan perjuangan ayahandanya. Antara keduanya terdapat keseimbangan yakni ketekunan dalam mengajar dan kegigihan dalam menumtunt ilmu.
Pada usia tujuh tahun beliau telah hafal Al Qur`Anul Karim, kemudian pada usia muda bealiau telah menerima tugas untuk memegang tampuk pimpinan (direktur) lembaga Darul Hadits Al Faqihhiyyah, pada tahun 1960 beliau menerima gelar doctor honoris causa dalam bidang Ilmu Hadits Dari Al-Azhar Cairo Mesir.
Selain itu beliau pernah menajabat sebagai dosen IKIP , kemudian pada tahun 1960 menjabat dosen Ilmu Tafsir Al-Qur`An Di Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, selain itu juga diangkat sebaagai penasihat Menteri Penghubung ` Alim Ulama , juga sebagai penasihat Ahli Menteri Kesra RI dalam bidang fatwa agama, sedang dalam idang Thoriqoh beliau membai`ah dan melanjutkan jabatan mursyid Thoriqoh Al` Alawiyyah Al –Mu`Tabaroh sebagai mana ayahandanya.
Sejak semula hingga akhir hayat beliau selalu penuh semangat dalam dakwah islamiyyah di didalam maupun di luar negeri, forum mimbar lainnya seperti media cetak, radio pusat maupun regional dan lain-lain.
BEBERAPA KEUTAMAAN ALUSTADZUL IMAM ALHAFIDS RA :
* Beliau adalah seseorang yang tidak mengenal lelah dalam menyebar luaskan sunnah—sunnah Nabi Besar Muhammad SAW
* Beliau adalah seseorang yang tegas dalam memegang prinsip ajaran agama yang berazaskan Al-Kitab Dan Sunnah-Sunnah
* Sama seperti ayahandanya belaiau tidak mau melakukan hal-hal yang makruh
* Beliau adalah seorang ahli sholawat dan beliau mewajibkan setiap harinya tidak kurang dari 10.000 kali serta mengkhatamakan Al-Qur`An setiap hari
* Dapat dikatakan beliau adalah seorang muballigh sejati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar