Rabu, 13 Juli 2011

WASIAT UNTUK PENGHUNI DUNIA

                                        WASIAT UNTUK PENGHUNI DUNIA   
   
          penghuni gunung libanon memohon kpd ibrahim bin adham untuk menyampaikan 4 wasiat kpd penghuni dunia...
1.katakan pada mereka untuk menghindari untuk banyak tidur,kerena kebiasan itu akan menghapuskan keberkahan umur
2.katakan kepada mereka untukmenghindari untuk banyak bicara tentang hal" yg tidak manfaat,kerena dikhawatirkan  hal ituakan menyebabkan mereka mati dalam keadaan buruk(suul khatimah)
3.katakan pada mereka untuk meng hindari banyak makan,kerena org banyak makan tidak akan merasakan kenikmatam beribadah.
4.katakan kpd mereka untuk menghindari pergaulan dengan masyarakat,kerena pergaulan dgn masyarakat
   membuat urusan agama tidak lurus
                                        
                                          CINTA DAN BENCI KERENA ALLAH
           dahulu ada dua orang yang mempunyai perbuatan yg sangat berbeda,yang satu durharka dan yg lain bertakwa, keduanya secara kebetulan bertemu dijalan, melihat orang takwa, orang yg durharka berkata dalam hatinya."YA ALLAH,aku bertobat kepadamu. aku mencintai si abid ini(org yg bertakwa) kerena ia cinta dan takwa kpd mu."
           melihat org durharka,org yang bertakwa berkata didalam hatinya,"YA ALLAH,aku benci orang ini,bukan kerena orang nya,kerena ia selalu bermaksiat kpd mu."
allah mehwayu kan pada nabi yang hidup di zaman itu,"katakan kpd org yang durharka dan org yg bertakwa bahwa mrk berdua penghuni surga, yg satu krn cintanya kpd ku, yg satu krn bencinya demiku.

                                                     SENJATA SENJATA SETAN
            ada seorg laki" melihat setan membawa tali,madu dan penyakit mata, ia bertanya kpd setan "apa yg akan engkau lakukan dengn penyakit mata itu?" aku akan meletakan dimata anak"yatim agar masyarakat menganggap rendah dan membenci mrk,sehingga mrk tidak memperoleh berkah dan pahal mengurus ank yatim," jawabnya "lalu apa yg engkau lakukan dgn madu itu?"
            akan aku letakan kpd orang yg sedang bergunjing agar ghibah terasa manis dimulut mrk
jawabnya lalu apa yg engkau gunakan tali itu?"tali ini akan aku gunakan untuk org" yg keluar dari rumah untuk menuju masjid dan majelis ilmu dengan semangat yg dapat menyampaikan mrk kepada allah,dan dalam hati mrk hanya ada ketaatan. aku tidak dapat mendekati apa lagi mengganggu mereka.maka ku tunggu mrk didpn pintu  jika sekian waktu mrk keluar untuk urusan dunia.kukalungkan tali ini keleher mrk dan kutuntun mrk sekehendak ku.
                                                    KEIKHLASAN
            Hendaknya kalian bersikap ikhlas dalam setiap perbuatan.sebab allah tidak menerima kecuali amal yang dilakukan dgn ikhlas,allah akan menerimanya,dan akan tampak pengabulannya.
sebagaian penulis dahulu melemparkan karya tulis mrk kelaut untuk menguji keikhlasan mrk, mereka berkata
kalau niatku ikhlas krn allah dan tidak dicampuri riya,maka laut tidak bisa merusak nya. kalau perbuatan ku bercampur riya,maka aku tidak membutuh kan buku yg membuat ku menyimpan maksiat."
            diantara mrk yg berbuat demikianadalah penulis al-jurumiyyah.demikian juga penulis zubad.ia menulisnya diatas kapal(safinah)bersama teman"nya mereka makan, minum dan bersenang" diatas kapal,sedang ia sibuk menulis buku.
             setelah selesai menulis,ia meletakan batu diatas dan dibawah buku itu lalu melempar kan nya kelaut. teman"nya berusaha mencegahnya tapi ia berkata"biarkan lah aku,kalau buku ini ku tulis kerena ikhlas kpd allah,maka air tidak akan membahayakan."
                             
                                                   KEIKHLASAN (1)
             org yang setan tak mampu menggoda maupun mendekatinya, bahkan kilasan nur mereka dapat membakarnya. tetapi,ada juga orang yg dipermainkan setan seperti ank kecil mempermainkan bola.
pernah seseorg ygn memiliki cahaya(ahli nur) melihat setan telanjang didpn org" yang sedang membaca alquran."tidak malukah kau telanjang didepan org" ygn sedang baca alquran,"tanyanya pada setan.
            mereka bukanlah manusia,tapi kera. manusia sejati berada di dalam mesjid itu,mari kutunjukan,"kata setan. mereka berdua kemudian pergi kemesjid.sesampainya disana setan berkata,"mereka itulah manusia."
lelaki ahli nur itu kemudian masuk ke dalam mesjid. ia tidak melihat orang lain kecuali beberapa org yg sedang  tidur kemudian setan yang menunggu diluar mesjid,laki" itu berkata.
"mengapa kau tidak masuk?" aku takut pada mereka kerena nafas mrk bisa membakarki" jelas setan.
           perhatikanlah,meskipun mereka tidur,setan tidak mampu mendekati mereka,apalagi mengganggunya
betapa besar perbedaan ini.semua ini sebab orang ygn membaca quran tidak ikhlas dan tidak mengamalkan apa yang terdapat dalam quran dan sunah rasulullah saw.itulah sebabnya setan mampu mengganggu mrk.
                                                                                                                                                lebih lengkap lihat dikitab tuhfatu asrof bijamii karoma sayidi muhamad hadi segaf.                                                                                   tahlis syeh aminullah (alumni hadro-maut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar